Senin, 22 Juni 2009

Tips-tips untuk AMAN dari FLU

Sebagai seorang istri dari seorang yang bertugas dalam Pencegahan Bencana termasuk penyakit menular, maka aku sering mendapatkan brosur peringatan tentang Pandemi Wabah. Dalam hal ini, kita sekarang sering kali mendengar hangar-bingar tentang wabah FLU. baik Flu biasa, Burung maupun Babi.. (Wah...)

Nah ini adalah langkah-langkah untuk melindungi diri dari resiko terkena flu. Mungkin tidak semua efektif, tapi tetap sangat perlu dilakukan.



AMAN dari FLU

PESAN PEMERINTAH : AMBIL TINDAKAN

TEPAT

TENANG – PAHAMI – TANGGAP


Langkah-Langkah Melindungi Diri Dari Resiko Penularan Flu H1N1-2009


  1. Anda harus mencari informasi tentang semua jenis influenza (flu atau pilek). pastikan Anda selalu mencari informasi tentang wabah influenza, baik yang bersifat musiman atau yang mematikan dan sebarkan informasi tersebut kepada anggota keluarga serta orang-orang terdekat Anda.


2.
Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
s sangat penting untuk mencegah penularan influenza serta banyak penyakit menular lainnya. Cucilah tangan dengan seksama, hingga sela-sela dan kalau perlu hingga siku. Lap dengan tissue kering.
Sesudah cuci tangan, hati-hati juga dengan penutup krannya, karena disitulah tadi tangan Anda yg berisi kuman memegang. Tutuplah dengan menggunakan tissue sehingga tangan Anda tidak langsung memegang tap tersebut.



3. Anda harus praktekkan etiket batuk dan bersin:
tutup hidung dan mulut saat bersin dengan tissue atau lengan dalam Anda. hindari meludah ditempat-tempat umum; gunakan masker atau penutup hidung lainnya; dan buanglah tissue kotor penyeka hidung Anda di tempat sampah atau cucilah saputangan Anda hingga bersih, kalau perlu dengan pemutih atau detergen anti kuman.


4. Nilai dan amati kondisi yang berisiko menularkan flu
: Jaga jarak dari pasien influenza paling tidak satu meter. Tinggallah di rumah dan beristirahatlah apabila menderita flu. Hindari perjalanan ke luar rumah serta hindari perkumpulan orang banyak. Segera periksakan diri ke dokter jika flu bertambah buruk.



Pandemi influenza ialah wabah raya, situasi saat wabah flu berjangkit pada waktu bersamaan dimana-mana di dunia dan belum ditemukan obatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar