Kamis, 30 Juni 2011

TIPS MERAWAT JILBAB KERUDUNG


Tidak hanya busana, jilbab atau kerudung saat ini amat sangat banyak gaya dan, style dan macamnya.

Di bawah ini ada beberapa cara merawat jilbab atau kerudung.

Kerudung Sutra

· Saat mencuci, hindari menggunakan sikat atau atau mesin cuci. Cukup dicelup-celupkan. Jangan dikucek terlalu keras dan diperas,karena sutra akan menjadi kusut dan sulit untuk kembali ke bentuk semula.

· Hindari mencuci kerudung sutra dengan sabun deterjen, karena dapat merusak serat-serat sutra.Gunakan shampoo, sabun mandi, lerak atau cairan khusus sabun sutra sebagai gantinya.

· Setelah dibilas, jangan dijemur di bawah sinar matahario langsung, karena warna sutra bisa cepat memuda. Cukup digantung dan diangin-anginkan saja.

· Jika kusut, boleh saja disetrika dengan suhu khusus sutra. Bahan sutra amat lembut dan halus serta tipis, sehingga akan mudah gosong bila disetrika dengan suhu terlalu panas.

· Karena lembut dan tipis, maka tusukan peniti atau jarum akan mudah membekas dan membuat lubang pada kerudung. Cara menghilangkannya adalah semprotkan air pada bekas tusukan peniti/jarum tersebut lalu setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas.

· Sebisa mungkin hindari kerudung sutra tergores atau tersangkut benda tajam



Kerudung Siap Pakai

· Jilbab ini biasanya dikenal/disebut juga dengan bergo. Pemakaiannya mudah dan cepat.

· Hindari mesin cuci, cukup dicelup-celupkan. Setelah itu dikeringkan dengan diangin-anginkansaja dan sebaiknya jangan diperas.

· Saat menyetrika, aturlah suhunya sedemikian agar sesuai dengan jenis kain dan hati-hati pada saat menyetrika bagian pet/bagian yang ada busanya atau dakronnya.Demikian juga bila ada aplikasi bunganya.

· Simpanlah dengan posisi terlipat namun pastikan bagian petnya tidak terlipat atau tertekuk.

Kerudung Bahan Paris

· Bahan paris memiliki serat tipis. Karenanya hindari mencuci dengan mesin cuci, namun Anda dapat menggunakan mesin cuci saat mengeringkannya.

· Saat menjemur, agar warnanya tidak pudar, hindari dari sinar matahari langsung.

· Jika bahan ini tersangkut, Anda dapat menggabungkan seratnya kembali dengan menggesek-gesekkan bagian yanrusak ke bagian yang mulus. Serat pun akan merapat dengan mudah. Setelah itu, segeralah setrika.

· Ada orang yang lebih suka menggunakan jarum pentul saat menata kerudung paris,sebaiknya hati-hati, karena peniti mudah tersangkut sehingga akan merusak bahan.

·

Tidak ada komentar:

Posting Komentar